Tags

, , , , , , , , , , , , , , , , ,

Edy Zaqeus

10 Ide Latihan Menulis untuk Anak Anda ini berisi tentang topik-topik yang sederhana dan dekat dengan anak supaya bisa digunakan sebagai pilihan untuk belatih menulis. Latihan menulis untuk anak perlu ide-ide topik, dan kadang orang tua tidak cukup jeli melihat apa yang disukai anak. Jadi, 10 ide latihan menulis untuk anak ini bisa jadi panduan awal untuk mendorong anak mulai berlatih menulis cerita mereka sendiri. Selamat mengaplikasikan latihan menulis ini untuk anak Anda.
Salam,
Edy Zaqeus
Bestselling Author, Writing Coach, Trainer
Bornrich Consulting

Belakangan ini, saya tergerak untuk membagikan pengalaman dan kiat-kiat untuk menggerakkan orang tua supaya melatih anak-anaknya menulis dengan baik. Saya berpandangan, keterampilan menulis anak-anak kita tidak bisa ditumpukan pengembangannya hanya kepada guru bahasa mereka di sekolah. Orang tua harus berperan aktif untuk jadi writing coach bagi anak-anaknya di rumah.

Terlebih dalam kondisi pandemi corona seperti sekarang, orang tua yang harus bekerja di rumah memiliki waktu leluasa untuk mengembangkan keterampilan anak. Di situlah saya melihat peluang kebersamaan yang bisa diarahkan menjadi sesuatu yang produktif melalui jalur pendampingan latihan menulis. Saya sudah menyiapkan beberapa vlog untuk membantu parents memenuhi gagasan tersebut.

Dalam video yang belum lama ini saya share di Youtube, saya beberkan 10 ide topik yang bisa dimanfaatkan sebagai latihan menulis bagi anak-anak Anda. Saya juga siapkan sebuah playlist video khusus untuk Parenting Through Writing yang bisa dimanfaatkan oleh para orang tua dan guru SD-SMP. Dalam video ini, saya ajukan saran latihan menulis profil, cita-cita, menulis tentang mainan mereka, gadget, berlatih menulis kata mutiara, grup musik favorit, channel Youtube favorit, dll.

Selengkapnya, silakan kunjungi link video berikut ini: https://youtu.be/MuBffyMsXnU

Perlu saya sampaikan di sini, bahwa melatih keterampilan menulis anak sejak dini itu penting sekali. Sebab, berdasarkan pengalaman saya sendiri, skill menulis ini berguna sekali, sejak saat masih studi maupun setelah terjun ke dunia kerja. Dalam postingan sebelumnya, saya juga sudah beberkan tentang manfaat menulis ini. Oleh karena itu, tidak ada alasan lagi bagi orang tua yang memiliki waktu dan kemampuan untuk mendampingi anaknya berlatih menulis, melewatkan kegiatan konstruktif ini.

Ayo, latih anak-anak kita menulis sejak dini, mulai dari latihan-latihan yang paling sederhana. Nantinya, latihan-latihan itu bisa ditingkatkan macam dan tingkat kesulitannya, supaya keterampilan menulis mereka semakin bagus. Bagi parents yang tergerak untuk menjadikan latihan menulis sebagai menu pengembangan diri anak-anaknya, silakan mengikuti video-video saya di Youtube. Salam hangat.[ez]