Tags

, , , , , , , , , , , , , , , , ,

Edy Zaqeus - Writing Coach

Bagaimana Menatasi Anak Kecanduan gadget

APA ISI GADGET ANAK KITA….?

Sempatkah Anda mengintip isi gadget anak dan melihat apa saja yang sudah mereka lakukan dengan “mainan” itu? Pernahkah tersembul rasa khawatir anak menikmati tontonan atau menyimpan konten-konten tak semestinya?
Itu kekhawatiran saya juga sebagai orang tua. Namun, saya menjadi tidak terlalu khawatir mengingat gadget anak kami, berikut akun media sosialnya selalu kami awasi. Justru, yang jadi concern belakangan adalah apa yang bisa anak-anak kita lakukan dengan gadget mereka? Persisnya ada kekhawatiran.
Di masa pandemi corona ini, anak makin lengket dengan gadget mereka. Menu utama mereka; main game, nonton Youtube, Tik Tok, atau bermedsos ria. Coba saja, jika tanpa pembatasan, berapa banyak waktu mereka habiskan untuk aktivitas “mencari” dan “menikmati” hiburan tersebut. Mereka sangat aktif “mengonsumsi” semua hiburan di internet.
Lalu, adakah orang tua yang masih concern supaya anak-anaknya bukan hanya menikmati dan mengonsumsi kreasi orang lain, tetapi juga mencipta, berkarya, atau jadi creator konten?
Melalui video di bawah ini, saya ingin mengetuk para orang tua untuk tidak membiarkan anak berlarut-larut hanya menjadi penikmat belaka. Perilaku hanya mengonsumsi pada akhirnya akan mengentalkan kebiasaan-kebiasaan yang bisa mendatangkan masalah: ketergantungan dan kecanduan.
Parents, mari ajak anak kita berkreasi. Tumbuhkan mental gemar berproduksi, menghasilkan sesuatu apapun bentuk karyanya. Jadikan gadget sebagai teman tumbuh kembang mereka, tools pengembangan diri mereka. Karena teknologi dan fasilitas tanpa kebijaksanaan penggunaannya akan menjerumuskan.
Sebaliknya, teknologi atau gadget yang dioptimalkan penggunaannya secara bijak, niscaya akan mendevelope anak kita menuju kualitas terbaik mereka. Yuk, kita ciptakan generasi pencipta, bukan sekadar penikmat. Semoga video di bawah ini bermanfaat. Amin.
Link video:
BAGAIMANA MENGATASI ANAK KECANDUAN GADGET | EDY ZAQEUS